harunHarun al-Rasyid S. Lubis

Harun al-Rasyid Lubis adalah  associate professor di ITB. Beliau lahir di Medan, menyelesaikan pendidikan S1 di Teknik Sipil ITB, meraih gelar master dan Ph.D dari University of Leeds, Inggeris. Pada tahun 2001, beliau dipercaya sebagai kepala Pusat Penelitian Transportasi dan Komunikasi dan menjabat sebagai kepala Pusat Penelitian Infrastruktur dan Kewilayahan pada tahun 2003.

Selain sebagai seorang pendidik, beliau juga berperan sebagai adviser dan konsultan perusahaan swasta dan BUMN di Indonesia, ADB, INDII, dan Bank Dunia terkait kebijakan, kajian kelayakan, pendanaan, operasi dan kelembagaan dalam bidang Jalan, Transportasi Perkotaan dan Pengembangan Pelabuhan. Tahun 2008-2010, beliau dipercaya sebagai anggota teknis Tim Revitaliasi Perkeretaapian Indonesia di bawah Menko Perekonomian, serta sebagai anggota Dewan Riset Nasional bidang Manajemen Transportasi di Kementerian Riset dan Teknologi.

Tahun 2012 -2013  beliau menjadi bagian dari Komite Investasi dan Risiko Usaha  di PT Jasa Marga (Persero) Tbk.  Saat  ini ybs. diamanahi sebagai Kaprodi Magister & Doktor Teknik Sipil ITB dan Chairman Infrastructure Partnership Knowledge Center (IPKC), lembaga not for profit untuk pengembangan pengetahuan dalam kemitraan infrastruktur.

 

danangDanang Parikesit

Danang Parikesit adalah seorang ahli transportasi terkemuka di kawasan Asia Tenggara. Beliau adalah seorang profesor universitas studi transportasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) di Indonesia. Beliau pernah menjadi penasihat kebijakan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan saat ini ditunjuk sebagai Dewan Komisaris Perseroan Kereta Api Indonesia. Beliau menjabat di komite nasional transportasi dan infrastruktur. Dr. Danang Parikesit adalah Dewan Independen IndII (Indonesia Infrastructure Iniative) dan penasehat IIGF Institute. Sebagai seorang profesional transportasi, Beliau menjabat sebagai Ketua Komite Eksekutif dan Dewan Direksi dari Forum Internasional untuk Transportasi dan Pembangunan Pedesaan (IFRTD). Beliau adalah mantan Direktur dan Ketua Dewan Penasehat Forum Antar Universitas Studi Transportasi (FSTPT). Beliau saat ini adalah Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI-ITS), dan Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Beliau juga anggota Dewan Direksi dari Asia Society untuk Studi Transportasi (Easts).

 

sinthyaSinthya Roesly

Sinthya Roesly menjabat sebagai Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sejak Desember 2009. Beliau pernah bekerja di PT PLN (Persero) selama 19 tahun dengan penugasan di berbagai bidang mulai dari keuangan korporat, pendanaan, perencanaan korporat dan strategi, komersial, operasi sistem tenaga listrik dan transmisi, serta konstruksi proyek.

Selama di PLN, beliau terlibat secara penuh dalam mendapatkan pembiayaan untuk proyek-proyek PLN baik dari lembaga multilateral dan bilateral, termasuk program percepatan pembangkit 10.000 MW, serta pembiayaan dari obligasi maupun perbankan domestik dan internasional. Pada akhir tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an beliau terlibat secara aktif dalam pengembangan electricity trading mechanism untuk sistem tenaga listrik Jawa-Bali serta penyiapan sistem operasi untuk IPP generasi pertama di Indonesia. Disamping itu, pada masa tersebut beliau juga mengikuti berbagai proses restrukturisasi korporasi dan sektor ketenagalistrikan di Indonesia.

Sinthya Roesly pernah menjadi Ketua Kelompok Kerja untuk Energy Market Reform – World Energy Council, Indonesia National Committee dari tahun 2005 – 2006.

Sinthya Roesly memenyelesaikan program Master of Management dari IPMI Business School dan MBA dari Monash University, Australia; MEngSc dalam Power Systems dari Faculty of Electrical Engineering, University of New South Wales, Australia; Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Indonesia; serta Diploma dalam bidang Sastra Inggris dari Universitas Indonesia. Saat ini beliau merupakan Council Member dari International Project Finance Association Asia Branch dan Board Member dari United Nations Public Private Partnership Business Advisory Boards.

 

imingIming Maknawan Tesalonika

Iming Maknawan Tesalonika, meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia dengan fokus pada hukum dagang. Beliau melanjutkan pendidikan master dan meraih gelar MCL dari National University of Singapore (NUS) dengan beasiswa dari NUS, tepat setelah meraih gelar Master Management (MM) dari Asian Institute of Management di Manila.

Untuk membantu mempercepat reformasi hukum di Indonesia, bersama dengan advokat senior, beliau mendirikan Yayasan Pengkajian Hukum Indonesia (YPHI) dan sekarang menjabat sebagai Direktur Riset Hukum dari yayasan tersebut. Beliau telah memiliki pengalaman terkait konsultasi proyek KPBU dengan Menko Perekonomian, Bappenas dan Committee for the Acceleration of Infrastructure Provision, yang dibiayai oleh ADB dan Bank Dunia untuk mengimplementasikan skema KPBU dan mendorong swasta untuk ikut berpartisipasi dalam usaha percepatan pembangunan di Indonesia.

Sekarang, beliau menjalankan biro hukum yang bernama, TESALONIKA & Partners serta menjadi pengajar bidang hukum Universitas Indonesia di prodi Pasca Sarjana Teknik Sipil, Manajemen Infrastruktur, serta Pasca Sarjana Prodi Hukum Universitas Internasional Batam.

 

ibnu-syabriIbnu Syabri

Ibnu Syabri, memperoleh gelar B.Sc bidang Ilmu Komputer dari University of Kentucky. Beliau melanjutkan pendidikannya dan memperoleh gelar M.Sc bidang Riset Operasi (Teknik Umum) di University of Kentucky di USA. Dan terakhir beliau menyelesaikan pendidikan Ph.D pada tahun 2004, bidang Perencanaan Transportasi dan Ekonomi Regional di University of Illinois, USA.

Ibnu Syabri merupakan anggota dari beberapa perkumpulan professional diantaranya Regional Science Association International, Indonesian Regional Science Association, Indonesian Association of City and Regional Planners, American Planning Association, dan Masyarakat Transportasi Indonesia. Tidak hanya tergabung dalam perkumpulan berskala nasional, beliau juga menjadi bagian dari afiliasi internasional, diantaranya Regional Economic Applications Laboratory—R.E.A.L Working Group, University of Illinois at Urbana-Champaign, sejak tahun 1999. Sejak tahun 2006, beliau juga tergabung dalam International partner, Geoda Center, Spatial Analysis Software Developmnet, Arizona State University. Dipercaya untuk menjadi rekanan internasional oleh  Kyoto University Global Center for Education and Research on Human Security Engineering for Asian Megacities sejak tahun 2011.

Saat ini beliau menjabat sebagai direktur sekolah pascasarjana Planologi ITB sekaligus kepala laboratorium untuk spasial komputasi dan analisis (Labscan) SAPPK ITB.

 

 

Aarnoldrnold Mamesah

Seorang sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung. Beliau memperoleh gelar master Bisnis dan Manajemen dari Prasetiya Mulya Business School Jakaarta.

Arnold memulai karirnya pada tahun 1985 di IBM Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Konsultan Senior Sistem Integrasi dan Layanan Profesional. Beliau juga pernah menjadi konsultan keuangan dan sistem akuntansi. Pada tahun 1998, beliau bekerja sebagai Ketua Proyek di berbagai proyek telekomunikasi, minyak dan gas. Pada tahun 2007, beliau menjadi Kepala Unit Intelijen Bisnis. Sekarang beliau menjabat sebagai Konsultan di ICT dan M2M.

Arnold berpengalaman dalam ICT mengambil peran sebagai tim pemimpin dan senior manajemen. Beliau juga sangat baik dalam presentasi dan meyakinkan, dan berpengalaman dalam penanganan besar proyek. Beliau juga kuat dan mendalam dalam analisis kinerja ekonomi perusahaan dan keuangan.

 

windhuWindhu Hidranto

Windhu Hidranto meraih gelar Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Master in Public Administration (MPA) dari American University (AU) di Washington, D.C. Beliau telah berkecimpung di ranah Public- Private Partnerships (PPP) semenjak bertugas di Bappenas (1994), kemudian mendirikan perusahaan konsultansi PPP Indonesia semenjak tahun 2004. Selama lebih dari lima belas tahun, telah turut merancang serta mengembangkan berbagai program pelatihan & pengembangan kapasitas (capacity building & training) dalam bidang PPP, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Berbagai program pelatihan & pengembangan kapasitas tersebut telah disampaikan kepada berbagai pemangku kepentingan di Indonesia, seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, serta berbagai Pemerintah Daerah (DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Banten, DI Yogyakarta, Bekasi, dll).

Telah tinggal dan bekerja selama lebih dari delapan tahun di Washington, D.C., membuat Windhu akrab dengan standar internasional dalam bidang pelatihan dan pendampingan. Salah satu karya beliau adalah PSP Development Facility (PSPDF) yang telah diimplementasikan oleh Bappenas untuk membantu Pemerintah Daerah mengembangkan infrastruktur di wilayahnya. Selain itu, beliau telah dipercaya oleh UNDP untuk mendampingi Bapenas dalam merancang mekanisme pendanaan untuk proyek dengan skema PPP.

Sekarang, Windhu dipercaya untuk mendampingi Direktorat Jenderal Bina Marga untuk merancang dan merumuskan skema PPP dan dukungan Pemerintah dalam menerapkan National Roads Master Plan (NRMP), yang telah didanai oleh AUSAID/DFAT melalui proyek IndII (Indonesia Infrastructure Initiative).

 


bernardusBernardus Djonoputro

Bernardus Djonoputro (Bernie) memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam bidang bisnis dan sekarang dipercaya sebagai Ketua Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP). Beliau juga merupakan Wakil dari East Regional Organization for Planning and Human Settlement (EAROPH) Asia.

Dia telah bekerja secara ekstensif sebagai penasihat pemerintah pusat dan daerah pada proyek-proyek perencanaan dan infrastruktur. Dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2013 menjabat sebagai Managing Director publik PT Nusantara Infrastructure Tbk, salah satu investor dan operator Infrastruktur Indonesia terkemuka, mengelola konsesi jalan tol, pelabuhan, sektor air dan listrik.

Bernie meraih gelar sarjana dari program studi Planologi ITB dan memulai karier sebagai engineer planologi di Brisbane, Australia. Beliau dipercaya sebagai Kepala Marketing for Ernst & Young and Director of Business Development oleh PriceWaterhouse Coopers hingga memutuskan untuk menjadi bagian dari pendiri HD Asia Advisory.

Pada tahun 1993, Bernie meraih penghargaan American Express Worldwide Best Performer. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi terhadap pemimpin (chairman) dengan performa dan pelayanan terbaik.

Saat ini, Bernie merupakan salah satu anggota dari APEC Center Urban Infrastructure Financing Committee yang berkedudukan di Melbourne. Selain itu, beliau merupakan salah satu pakar PPP di Indonesia dan telah menjadi pembicara baik di kancah nasional maupun internasional.

 


emilEmil Ardiaman          

Emil Ardiaman, adalah seorang ahli transportasi yang tergabung dalam Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (ITAKINDO). Beliau memperoleh gelar sarjana Teknik Sipil dari Universitas Katolik Parahyangan dan memperoleh gelar Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya dari Institut Teknologi Bandung.

Sejak awal tahun 2000 sampai akhir 2009, Emil berkarir di Pamintori Cipta dan dipercaya untuk meninjau kondisi eksisting dari transportasi umum, asesmen jaringan transportasi, modeling dan analisis transportasi, serta mengajukan rumusan proposal kepada pemerintah.

Di bawah naungan Policy Advisory Unit (PAU) Indonesia Infrastructur Initiative (IndII-AUSAID), Emil dipercaya untuk menjadi tenaga ahli transportasi Kementerian Perhubungan, yang bertugas mempersiapkan tinjauan teknis, petunjuk teknis dan berbagai dokumen lainnya yang dibutuhkan oleh Wakil Menteri Perhubungan.